Minggu, 24 Desember 2017

ILMU PESUGIHAN PINTU RUMAH


mungkin kita pernah mendengar petuah orang tua tentang larangan agar jangan duduk dipintu rumah, yang mana kata mereka bisa mengakibatkan rezeki bisa seret atau pun susah jodohnya.

petuah tersebut ada benarnya juga, jika kita mau meriset dan mengkajinya sedikit lebih dalam.

petuah tersebut bisa keluar terucap dari bibir mereka, pasti ada sesuatu hal yang mendasari menjadi acuan mereka.

secara umum yang dijadikan dasar acuan adalah bait kalimat hadist berikut :

barang siapa yang mempermudah kesulitan orang lain, maka Allah ta’ala akan mempermudah urusannya di dunia dan akhirat. (HR. Muslim).

berdiri atau duduk di depan pintu adalah perbuatan yang bisa menyulitkan orang lain yang akan masuk dan keluar melalui pintu tersebut.

jika makna hadits tersebut dilihat dari sisi lain, maka bisa dikatakan jika seseorang mempersulit orang lain, maka Allah akan mempersulit urusannya di dunia dan akhirat.

lantas ada apakah gerangan dibalik rahasia petuah larangan tidak boleh duduk dipintu itu???

untuk mengetahui hal itu, kita bersama bisa melihatnya pada sebuah keterangan hadist berikut:

Dari Abu Hurairah berkata,

Nabi SAW bersabda:

"Tidaklah seseorang keluar dari rumahnya, melainkan di (sekitar) pintunya ada dua bendera, satu bendera di pegang oleh malaikat, dan satu bendera lagi di pegang oleh Syetan,

dan jika orang tersebut keluar dari rumahnya untuk hal hal yang di cintai oleh Allah, maka ia akan di dampingi (di kawal) oleh malaikat dengan membawa benderanya dan malaikat tersebut akan senantiasa mengikutinya hingga orang tersebut pulang ke rumah.

dan jika orang tersebut keluar dari rumahnya untuk hal-hal yang di murkai oleh Allah, maka ia akan dikawal oleh syetan dangan membawa benderanya, dan syetan tersebut akan senantiasa mengikutinya kemana saja hingga orang tersebut pulang ke rumahnya."

(HR Ahmad )

jadi rahasia dibalik petuah pelarangan duduk dipintu ternyata adalah karena berkaitan dengan markas pengkibaran benderanya para malaikat dan syetan, yang dimana markas pengkibaran bendera malaikat dan syetan itu ada berada dipintu.

oleh karena pintu rumah terdapat sebuah markas pengkibaran benderanya para malaikat dan syetan maka terjadilah sebuah petuah pelarangan duduk dipintu itu.

seandainya saja bila petuah tersebut mau diperdalam lagi oleh kita maka akan tersingkaplah beberapa rahasia didalamnya, diantaranya salah satunya adalah ILMU PESUGIHAN PINTU RUMAH dan ilmu mengetahui kapan kita akan mati.

bersambung........

2 komentar :

  1. Alhamdulillah..lanjut kang guru🙏🙏kangen bgt dgn kajian² nya

    BalasHapus